Minggu, 17 Juni 2012

RANGKUMAN SOAL METODE PENELITIAN IDIK4306


RANGKUMAN SOAL
METODE PENELITIAN IDIK4306/2SKS/MODUL 1- 6

 Modul 1
Ruang Lingkup dan Tujuan Penelitian Pendidikan

1.       Jelaskan, seberapa luaskah ruang lingkup penelitian pendidikan?
Jawab: Ruang lingkup pendidikan luas sekali karena pendidikan sendiri merupakan bidang kajian yang terkait erat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti Psikologi, Sosiologi, Antropologi, Politik, Ekonomi, dan sebagainya. Banyak sekali konsep atau teori  pendidikan yang dikembangkan dengan mendapatkan inspirasi atau berlandaskan pada berbagai ilmu tersebut.
2.       Sebutkan perbedaan tingkat generalisasi antara penelitian dasar dan penelitian terapan?
Jawab: Tingkat generalisasi pada penelitian dasar bersifat abstrakdan berkaitan dengan sains sebagai ilmu. Pada penelitian terapan, tingkat generalisasinya bersifat umum dan berlaku hanya pada bidang terapan yang bersangkutan.
3.       Secara teoritis, sebutkan manfaat penelitian pendidikan?
Jawab: Secara teoritis manfaat hasil penelitian pendidikan adalah sebagai berikut:
a.       Peta yang menggambarkan tentang keadaan pendidikan dan melukiskan kemampuan sumber daya, kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan dalam penyelenggaraan pendidikan.
b.       Sarana diagnosis dalam mencari sebab kegagalan serta masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan sehingga dengan mudah dapat dicari upaya penanggulangannya.
c.        Sebagai sarana untuk menyusun kebijakan dalam menyusun strategi pengembangan pendidikan.
d.       Masukan yang memberikan gambaran tentang kemampuan dalam pembiayaan peralatan, perbekalan, serta sumber daya manusia, baik yang secara kuantitas maupun kualitas sangat berperan bagi keberhasilan dalam bidang pendidikan.
4.       Sebutkan 4 karakteristik yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman dalam  merumuskan masalah?
Jawab:4 Kriteria yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan masalah adalah:
a.       Layak teliti,
b.       Mempunyai nilai praktis dan teoritis
c.        Realistis,
d.       Orsinalitas.
5.       Apakah yang dimaksud dengan memfokuskan masalah?
Jawab: Pengertian memfokuskan disini adalah memilih dan menentukan masalah yang Anda minati dan menguraikan masalah yang terlalu umum tersebut menjadi masalah yang spesifik.
6.       Apakah fungsi tujuan dalam penelitian pendidikan?
Jawab:  Fungsi tujuan dalam penelitian adalah sebagai arah, petunjuk, atau pengontrol yang memandu agar seluruh tahapan aktivitas penelitian yang akan dilakukan tidak menyimpang.
7.       Secara umum jelaskan apa yang dimaksud  dengan hipotesis?
Jawab: Secara umum, hipotesis dapat diartikan sebagai rumusan jawaban sementara atau dugaan sehingga untuk membuktikan benar tidaknya dugaan tersebut perlu diuji terlebih dahulu. Perlu digaris bawahi, bahwa pengertian dugaan di sini tidak berarti sembarang tanpa dasar.  Permusan hipotesis harus mengindahkan kaidah-kaidah ilmiah yang sistematis dan rasional.

Untuk pertanyaan nomor 8-10, gunakan informasi di bawah ini sebagai input.

Lembaga pendidikan tempat Anda bekerja sedang mengembangkan alat bantu belajar berupa kaset dan modul (bahan cetak). Kaset dan modul tersebut berisi bahan ajar Biologi yang diperuntukkan untuk siswa kelas VI SD. Bobot materi yang terdapat pada kedua jenis bahan ajar tersebut sama. Anggap Anda tinggal di kota K dan Anda ingin menguji keandalan masing-masing bahan ajar tersebut pada siswa SD di kota Anda.

8.       Rumuskan masalah penelitian Anda?
Jawab: Rumusan masalah penelitian: Adakah perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K) yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang belajar dengan menggunakan modul.
9.       Rumuskan tujuan penelitian Anda?
Jawab: Tujuan penelitian: Mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar Biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K) yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang menggunakan modul.
10.    Rumuskan hipotesis penelitian Anda dengan hipotesis nol?
Jawab: Tidak ada perbedaan prestasi belajar Biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K) yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang belajar dengan menggunakan modul.


Modul 2
Tinjauan Pustaka danPenyusunan Kerangka Teori

KB 1: Pengertian dan Tujuan Tinjauan Pustaka


11.    Bab tinjuan pustaka dalam  laporan penelitian antara lain dapat menunjukkan…
a.       Banyaknya buku yang dibaca oleh peniliti
b.       Bahwa penelitian didasarkan pada hasil penelitian sebelumnya
c.        Bahwa penelitian dilakukan dengan benar
d.       Keaslian dari penelitian yang dilakukan
Jawab: A
Lihat: Hal. 2.2




12.    Berikut ini yang tidak termasuk kegiatan tinjauan pustaka adalah…
a.       Mencari sumber pustaka
b.       Membaca sumber pustaka
c.        Menelaah sumber pustaka
d.       Menulis bab tinjauan pustaka
Jawab: B
Lihat: Kami Jawab D perhatikan Hal. 2.2

13.    Manfaat langsung yang diperoleh peneliti dari kegiatan tinjauan pustaka adalah hal-hal berikut, kecuali …
a.       Bahan-bahan untuk menyusun kerangka teori penelitian
b.       Wawasan yang mendalam tentang penelitian yang relevan
c.        Bahan-bahan untuk membantu penafsiran data
d.       Topik-topik lain yang lebih menarik untuk diteliti
Jawab:D
Lihat: a) Hal. 2.3; b) Hal. 2.8; c) Hal. 2.7

14.    Wawasan yang mendalam tentang penelitian-penelitian yang relevan perlu dimiliki oleh setiap peneliti agar peneliti…
a.       Dapat membuat rancangan penelitian yang lebih baik
b.       Tidak melakukan duplikasi dari penelitian lain
c.        Tidak menggunakan variabel yang sudah banyak diteliti
d.       Dapat menggunakan teori yang baru
Jawab: A
Lihat: Hal. 2.8

15.    Bagi peneliti yang belum berpengalaman, kegiatan tinjauan pustaka sebaiknya dilakukan pada tahap…
a.       Perumusan masalah penelitian
b.       Penyusunan kerangka teori penelitian
c.        Penelaahan hasil penelitian
d.       Penyusunan laporan penelitian
Jawab: A
Lihat: Hal. 2.4

16.    Hasil tinjauan pustaka perlu dipertimbangkan untuk memperbaiki hipotesis penelitian Anda bila…
a.       Belum ada penelitian yang menguji hipotesis Anda
b.       Variabel penelitian Anda terbukti tidak penting
c.        Tidak banyak peneliti yang meniliti variabel Anda
d.       Sudah terlalu banyak peneliti yang menguji hipotesis Anda
Jawab: B
Lihat: Hal. 2.6

17.    Seseorang dapat dikatakan belum melakukan tinjauan pustaka yang mendalam apabila ia…
a.       Menggunakan konsep-konsep yang dikemukakan peneliti lain
b.       Menggunakan variabel yang sudah banyak diteliti
c.        Menggunakan pendekatan yang steril
d.       Tidak banyak mengutip pustaka relevan
Jawab: C
Lihat: Hal. 2.6

18.    Dengan adanya temuan yang tidak konsisten yang menyangkut hubungan antardua variabel tertentu, maka peluang yang dapat diambil untuk penelitian lebilh lanjut adalah…
a.       Hubungan kedua variabel tersebut tidak perlu diteliti lagi
b.       Tidak ada peluang untuk melakukan penelitian yang lebih lanjut
c.        Meneliti pengaruh variabel antara terhadap hubungan kedua variabel tersebut
d.       Melakukan penelitian terhadap variabel-variabel lain yang hubungannya lebih konsisten
Jawab: C
Lihat: Hal.2.5

19.    Pendekatan penelitian disebut steril apabila pendekatan tersebut…
a.       Tidak menghasilkan temuan yang berarti
b.       Tidak sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai
c.        Tidak memenuhi  persyaratan untuk penelitian ilmiah
d.       Hanya dapat digunakan untuk penelitian yang dilakukan di laboratorium
Jawab:B
Lihat: Kami jawab A perhatikan Hal. 2.6

20.    Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti lain penting untuk diperhatikan, karena…
a.       Merupakan rambu-rambu untuk menghindari duuplikasi penelitian
b.       Biasanya dapat digunakan sebagai dasar bagi penelitian yang lebih lanjut
c.        Untuk menghindari pendekatan yang steril
d.       Merupakan bagian yang penting dari laporan penelitian
Jawab:A
Lihat: Hal. 2.6


KB 2: Strategi Mencari Sumber Pustaka

21.    Sumber pustaka primer adalah…
a.       Pustaka yang dapat memberikan informasi langsung
b.       Artikel yang merupakan kajian mengenai sesuatu topik
c.        Artikel penelitian yang ditulis oleh peneliti yang bersangkutan
d.       Pustaka yang dapat menunjukkan sumber informasi
Jawab:C
Lihat: Hal. 2.11

22.    Kelebihan dari sumber pustaka sekunder adalah…
a.       Dapat menunjukkan lokasi suatu sumber informasi
b.       Membahas konsep-konsep yang penting
c.        Ditulis langsung oleh peneliti yang bersangkutan
d.       Menyajikan informasi yang lengkap mengenai kegiatan penelitian
Jawab:B
Lihat: Kami jawab A juga Benar lihat Hal. 2.12

23.    Psychological Abstracts dan Indonesian Agricultural Bibliography adalah contoh dari…
a.       Buku acuan
b.       Sumber pustaka primer
c.        Sumber pustaka sekunder
d.       Buku karya umum
Jawab: A

24.    Bila dalam sebuah buku ada bab yang melaporkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis bab, maka bab ini dapat dikategorikan ke dalam….
a.       Buku acuan
b.       Sumber pustaka primer
c.        Sumber pustaka sekunder
d.       Buku refrensi
Jawab: B
Lihat: Hal. 2.11

25.    Sebuah artikel kajian yang membahas tentang hasil-hasil penelitian orang lain merupakan contoh dari …
a.       Artikel penelitian
b.       Artikel biasa
c.        Sumber pustaka primer
d.       Sumber pustaka sekunder
Jawab:D
Lihat: Hal. 2.12

26.    Penggunaan kata kunci yang tepat akan membantu penelusuran lokasi sumber pustaka. Tetapi memilih kata kunci yang tepat baru dapat dilakukan bila…
a.       Topik yang diminati telah banyak yang diteliti
b.       Masalah penelitian sudah dirumuskan
c.        Telah ditemukan buku acuan yang tepat
d.       Peneliti telah mempelajari sumber pustaka sekunder
Jawab:B
Lihat: Hal.2.14

27.    Lokasi dimuatnya sebuah artikel dalam subjek tertentu dapat ditelusuri dengan menggunakan…
a.       Buku acuan yang relevan
b.       Kartu katalog judul
c.        Kartu katalog pengarang
d.       Kartu katalog subjek
Jawab:A
Lihat: Hal. 2.14

28.    Seseorang akan dapat memanfaatkan fasilitas Telnet, FTP, maupun Gopher jika ia memiliki…
a.       Database
b.       CD-ROM
c.        Account
d.       Command
Jawab:C
Lihat: Hal. 2.20

29.    Salah satu forum komunikasi dalam jaringan komputer adalah mailinglist, yang ciri khasnya adalah…
a.       Menyajikan informasi yang berupa hasil penelitian
b.       Menyediakan informasi yang dikemas dalam bentuk homepage
c.        Penggunanya dapat saling berkirim berita
d.       Penggunanya dapat menanggapi topik diskusi yang disajikan
Jawab:D
Lihat: Hal. 2.23

30.    Beberapa piranti lunak di bawah ini dapat digunakan untuk menyalin sebuah file yang berlokasi di luar negeri, kecuali…
a.       Telnet
b.       FTP
c.        Gopher
d.       Mailing-List
Jawab:D
Lihat: a) Hal. 2.20; b) Hal. 2.27; c) Hal. 2.27
  
KB 3: Menyajikan Hasil Tinjuan Pustaka

31.    Yang pertama-tama harus kita perhatikan dalam pemilihan artikel untuk ditelaah adalah…
a.       Ada tidaknya abstrak
b.       Kejelasan konsep yang disajikan
c.        Ada tidaknya temuan-temuan yang berarti
d.       Relevansi antara artikel dengan masalah penelitian
Jawab:D
Lihat: Hal. 2.27

32.    Menelaah artikel sebaiknya dimulai dari terbitan yang paling baru karena…
a.       Penelitian yang lebih lama mungkin sudah tidak relevan
b.       Penelitian-penelitian sebelumnya sudah ketinggalan jaman
c.        Penelitian yang lebih baru biasanya sudah didasarkan pada penelitian sebelumnya
d.       Penelitian yang lebih baru basanya menggunakan rancangan penelitian yang lebih baik
Jawab:C
Lihat: Hal. 2.29

33.    Pada saat menelaah artikel biasa, yang perlu dilakukan adalah…
a.       Menctat pernyataan atau konsep yang penting
b.       Membuat ringkasan dari artikel
c.        Menilai keterbacaan artikel
d.       Menilai kualitas artikel
Jawab:A
Lihat: Hal.2.29

34.    Membuat kutipan langsung adalah…
a.       Mencatat pernyataan orang lain dengan menggunakan kata-kata sendiri
b.       Mencatat pernyataan orang lain dengan menggunakan kalimat aslinya
c.        Membuat catatan dari temuan-temuan penelitian yang penting
d.       Membuat ringkasan dari konsep-konsep yang penting
Jawab: B
Lihat: Hal. 2.32

35.    Tanda kutip digunakan pada saat membuat…
a.       Kutipan tak langsung
b.       Kutipan langsung yang pendek
c.        Kutipan langsung yang panjang
d.       Ringkasan artikel
Jawab: B
Lihat: Hal. 2.32

36.    Dalam membuat kutipan langsung yang panjang, perlu diperhatikan cara pengetikannya, yaitu…
a.       Dengan menggunakan tanda kutip
b.       Dengan menggunakan catatan kaki
c.        Diketik dalam baris baru secara indented
d.       Diketik dengan menggunakan font yang berbeda
Jawab: C
Lihat: Hal. 2.33

37.    Kartu sitasi pada dasarnya adalah kartu yang digunakan untuk…
a.       Mencatat data bibliografi sumber pustaka
b.       Mencari lokasi buku di perpustakaan
c.        Meminjam buku di perpustakaan
d.       Mencatat kutipan atau hasil telaahan artikel
Jawab: D
Lihat: Hal. 2.30

38.    Manfaat yang didapat dari kegiatan penelitian menelaah artikel penelitian adalah hal-hal berikut ini, kecuali…
a.       Mengetahui kemampuan penulis artikel dalam meneliti
b.       Mengetahui temuan-temuan penelitian yang penting
c.        Mengetahui konsep atau pendapat yang relevan dan penting
d.       Memperoleh wawasanuntuk bekal dalam menafsirkan data penelitian
Jawab: A

39.    Kerangka teori penelitian pada dasarnya merupakan penjelasan mengenai…
a.       Pustaka-pustaka yang relevan dengan masalah penelitian
b.       Latar belakang dilakukannya penelitian
c.        Pemikiran dan temuan-temuan yang mendasari penelitian
d.       Bagaimana penelitian akan dilakukan
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.37

40.    Dalam menyajikan kerangka teori penelitian, peneliti perlu membahas hubungan antarvariabel dengan tujuan di bawah ini,kecuali untuk…
a.       Mengarahkan pembahasan pada perumusan hipotesis atau pembuatan model
b.       Menunjukkan bahwa variabel penelitian dipilih berdasarkan temuan-temuan sebelumnya
c.        Menunjukkan bahwa pemilihan variabel didasarkan pada pemikiran yang mendalam
d.       Menunjukkan kepada pembca mengenai keaslian dari pemikiran peniliti
Jawab: D/C

Model 3
DESAIN PENELITIAN

41.    Manakah pernyataan berikut ini yang paling dekat dengan permasalahn yang menayangkut pendekatan penelitian?
a.       Kesulitan dialami ketiak banyak subjek mengundurkan diridari penelitian tanpa alasan yang jelas
b.       Kuesioner yang kembali tidak lebih dari 60%. Kebanyakan dari mahasiswa yang ber IP tinggi
c.        Masih belum diputuskan apakah akan menggunakan tes akhir saja atau tes awa dan tes akhir
d.       Karena biaya yang diusulkan itu tidak seluruhnya disetujui, maka tidak semua murid dijadikan subjek penelitian
Jawab: D

42.    Karena informasi yand dipunyai masih sangat minim, maka diputuskan untuk mengirimkan dua orang peneliti dan tinggal untuk beberapa lama di desa tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian…
a.       Korelasional
b.       Diskriptif
c.        Eksplatoris
d.       Historis
Jawab: C

43.    Anda bermaksud mengetahui tingkat disiplin kerja karyawan sebuah perusahaan manufaktur. Salah satu variabel penting adalahpunctuality atau ketepatan waktu masuk dan pulang. Cara apakah yang Anda anggap paling tepat untuk mengumpulkan informasi dimaksud?
a.       Melihat catatan kehadiran dan saat pulang semua karyawan
b.       Memberikan kuesioner kepada sejumlah karyawan di perusahaan itu
c.        Meminta pendapat sejumlah atasan karyawan di perusahaan itu
d.       Memberikan kuesioner baik kepada karyawan maupun pimpinan mereka
Jawab: A

44.    Manakah pernyataan berikut ini yang tidak termasuk ciri penelitian eksperimental?
a.       Observasi dilakukan secara langsung
b.       Pengukuran hanya dilakukan di akhir perlakuan
c.        Data dikumpulkan sebanyak-banyaknya
d.       Sampel tidak selalu mewakili populasi
Jawab: C

45.    Manakah dari keadaan berikut ini yang berhubungan dengan desain eksperimental tidak sungguhan? (jawaban yang benar mungkin lebih dari satu).
a.       Pelaku eksperimen tidak melakukan penugasan acak
b.       Pelaku eksperimen melakukan tes awal
c.        Pelaku eksperimen harus mengumpulkan data sendiri
d.       Program-program yang dinilai efeknya sudah terjadi sebelumnya
Jawab:A/D

46.    Manakah dari keadaan berikut ini yang menjadi ciri atau kondisi penting bagi desai praeksperimental?
a.       Tidak ada kelompok pembanding
b.       Mampu menghindari ancaman invaliditas internal
c.        Mampu menghindari ancaman invaliditas eksternal
d.       Melakukan manipulasi variabel
Jawab: A

47.    Satu bentuk desain eksperimental sejati yang paling banyak dipakai dalam penelitian pendidikan dan perilaku sosial adalah…
a.       One-Group Pre-test-Psttes Design
b.       Post-test-only Control Group Design
c.        Pre-test-Posttest Control Group Design
d.       Soloimon Four-Group Design
Jawab: A



48.    Ancaman histori dapat muncul jika…
a.       Selama masa eksperimen ada subjek yang mengikuti program UT; padahal program UT ini bukan bagian dari perlakuan
b.       Ketika eksperimen baru saja berlangsung dua bulan, perbaikan jalan dan sarana di desa itu gencar dilaksanakan
c.        Banyak subjek yang ikut dalam eksperimen terkesan dengan kepribadian para pelaku eksperimen
d.       Tes awal terlalu berdekatan dengan tes akhir
Jawab: B

49.    Ketika temuan disajikan dalam suatu seminar, ada peserta yang berkomentar: “Pantas saja, kelompok kontrol. Perlakuan itu sangat menarik karena sebelumnya mereka tidak pernah melihat”.
Komentar itu terkait dengan…
a.       Randomisasi
b.       Alat ukur
c.        Manipulasi variabel
d.       Validitas ekologi
Jawab: D

v  Pilihlah:
A)    Jika pernyataan (1) dan (2) benar
B)    Jika pernyataan (1) dan (3) benar
C)    Jika pernyataan (2) dan (3) benar
D)    Jika (1), (2), dan (3) benar

50.    Penelitian hanya dianggap berkualitas jika subjek yang ia teliti mewakili populasi. Pernyataan di atas mengandung isi…
(1)     Sampel
(2)     Maksud generalisasi
(3)     Metode atau teknik penelitian
Jawab: A

51.    Random Selection ada hubungannya dengan isu…
(1)     Agar kelompok menjadi setara
(2)     Agar validitas internal tinggi
(3)     Agar dapat mewakili populasi
Jawab: B

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas.

52.    Hipotesis: Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang porak-poranda (broken homes) akan menimbulkan masalah disiplin yang lebih besar (misalnya nilai rapor rendah) daripada anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang utuh (intact) menurut Anda apakah kita perlu memanipulasi variabel atau menciptakan perlakuan? Apa alasan Anda?
Jawab: Tidak perlu. Peneliti akan menghadapi resiko tidak etis dan berbahaya. Bagaimana mungkin kita meminta sejumlah keluarga yang tadinya utuh untuk pecah atau sebaliknya.
53.    Desain apa yang Anda anggap memadai untuk menguji hipotesis pada soal nomor 47 di atas? Jelaskan!
Jawab:Desain Korelasional, karena tidak mungkin untuk memanipulasi variabel independen. Juga sulit untuk melakukan randomisasi.
54.    Hipotesis: Program senam langsing tubuh sesudah jam kerja akan mengurangi efek berat badan secara signifikan. Hipotesis ini mengandung ancaman Efek Howthorne. Mengapa?
Jawab:Kemungkinan peserta senam ini tahu bahwa mereka akan dibandingkan dengan kelompok lainnya.
55.    Apa istilah yang lazim dipakai untuk menyatakan bahwa peneliti tidak melakukan randomisasi, melainkan menggunakan anggota kelompok itu sebagaimana adanya?
Jawab:Intact Group

Model 4
PENARIKAN SAMPEL

KB 1: Pengertian Sampel

56.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan populasi!
Jawab:Populasi adalah jumlah keseluruhan dari individu-individu yang karakteristik-nya ingin kita ketahui.
57.    Jelaskan perbedaan populasi terbatas dan populasi tidak terbatas!
Jawab: Populasi terbatas yang jumlah anggotanya tertentu atau diketahui dengan pasti. Populasi tak terbatas adalah populasi yang jumlah anggotanya tidak dapat diketahui dengan pasti.
58.    Apakah yang dimaksud dengan Sampel?
Jawab: Sampel adalah sebagian anggota populasi yang memberikan keterangan atau data yang diperlukan dalam penelitian.
59.    Apakah yang dimaksud Sampel Probabilitas?
Jawab:Sampel Probabilitas adalah elemen observasi yang dipilih sedemikian rupa sehingga unit atau elemen dapat populasi tersebut mempunyai peluang yang sama untuk dipilih.
60.    Sebutkan jenis-jenis Sampel Probabilitas?
Jawab:Jenis-jenis sampel probabilitas adalah Sampel Acak Sederhana, Sampel Acak Berlapis, Sampel Acak Klaster, dan Sampel Acak Tetap.
61.    Apakah yang dimaksud dengan Sampel Acak Berlapis?
Jawab:Sampel Acak Berlapis adalah sampel yang elemennya dipilih secara acak setelah populasinya distratifikasi atau dibagi menjadi beberapa lapisan atau sub-populasi.


62.    Jelaskan prosedur pengambilan Sampel Acak Sederhana?
Jawab:Prosedur Sampel Acak Sederhana adalah sebagai berikut. (1) menentukan populasi yang akan diteliti, (2) menentukan ukuran sampel yang akan digunakan, (3) memberikan nomor pada semua anggota populasi, (4) mengambil nomor tersebut secara acak sebanyak anggota sampel yang telah ditentukan pada langkah (2).
63.    Apakah yang dimaksud dengan Sampel Non-Probabilitas!
Jawab:Sampel Non-Probabilitas adalah sampel yang anggotanya berasal dari suatu populasi yang anggotanya tidak diberi peluang yang sama untuk dijadikan atau dipilih menjadi anggota sampel.
64.    Sebutkan jenis-jenis Sampel Non-Probabilitas.
Jawab: Jenis-jenis Sampel Non-Probailitas adalah sampel sistematis, Sampel Purposif, dan Sampel Kuota.
65.    Apakah akibat penggunaan teknik pengambilan sampel yang keliru?
Jawab:Penggunaan teknik pengambilan sampel yang keliru dapat membuat hasil penelitian menjadi tidak bermakna.

KB2: Sampel yang Represntatif

66.    Ukuran sampel dalam penelitian merupakan hal yang penting dalam penelitian  karena..
a.       Dapat dimanipulasi sesuai kehendak peneliti
b.       Dapat diperkecil sehingga kesimpulan kita akurat
c.        Dapat diperbesar sehingga pernelitan kita pasti sah
d.       Dapat menentukan sah-tidaknya penelitian kita
Jawab: D

67.    Jika sampel kita besar maka kesalahan pendugaan kita…
a.       Semakin besar
b.       Semakin kecil
c.        Nol
d.       Tak dapat diukur
Jawab: B
Lihat: Hal. 4.14

68.    Menurut Gay (1987), untuk suatu studi yang bersifat deskriptif, ukuran sampel minimum (dibandingkan dengan ukuran populasi) sebaiknya…
a.       1 %
b.       10 %
c.        30 %
d.       20 %
Jawab: B
Lihat: Hal. 4.14

69.    Kesalah atau penyimpangan dalam penarikan sampel pada dasarnya dapat…
a.       Dihilangkan
b.       Diabaikan
c.        Dimaafkan
d.       Diperkecil
Jawab: D

70.    Kesalahan sampling adalah kesalahan yang terjadi…
a.       Secara tiba-tiba
b.       Secara perlahan-lahan
c.        Secara kebetulan
d.       Akibat kecerobohan peneliti
Jawab: C
Lihat: Hal. 4.15

71.    Nilai duga kesalahan sampling Seakan kecil atau lebih kecil dari satu apabila…
a.       N = n dan   ≤   1

b.       N  ≤  n dan    ≤  1


c.        dan  ≥  1

d.       dan  <  1

Jawab: D
Lihat: Hal. 4.16

72.    Kesalah non-sampling adalah kesalahan yang disebabkan oleh…
a.       Populasi
b.       Peneliti
c.        Subjek atau objek penelitian
d.       Komputer pengolah data
Jawab: B


73.    Merumuskan pertanyaan secara tepat termasuk salah satu cara untuk mengurangi…
a.       Kesalahan populasi
b.       Kesalahan sampling
c.        Kesalahan non-sampling
d.       Kesalahan sampling dan non-sampling
Jawab: C
Lihat: Hal. 4.17

74.    Secara umum kesalah sampling dapat diperkecil dengan……
a.       Memperkecil ukuran sampel
b.       Memperbesar ukuran sampel
c.        Mendefinisikan populasi secara jelas
d.       Menggunakan teknik penarikan sampel yang baik
Jawab: A
Lihat: Hal. 4.16

75.    Suatu sampel dikatakan representatif apabila…
a.       Sesuai yang diinginkan peneliti
b.       Heterogen
c.        Homogen
d.       Mewakili karater populasi
Jawab: D
Lihat: Hal. 4.13

 Modul 5
INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA

KB 1: Pengembangan Instrumen
  
76.    Proses penjabaran suatu gejala yang bersifat abstrak sampai ke tingkat yang lebih konkret dengan bantuan beberapa hal untuk mengukur gajala tersebut disebut…
a.       Definisi
b.       Variabel
c.        Operasionalisasi
d.       Konsep
Jawab: C
Lihat: Hal. 5.2

77.    Gejala konkret yang mempunyai variasi nilai disebut…
a.       Konstak
b.       Variabel
c.        Indikator
d.       Konsep
Jawab: B
Lihat: Hal. 5.3

78.    Tujuan diadakannya alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian survey adalah untuk…
a.       Memperoleh informasi yang standar dari sampel
b.       Mengumpulkan data sebanyak mungkin dalam waktu yang relatif pendek
c.        Mengumpulkan hanya informasi yang terbukti penting
d.       Mengumpulkan data yang bukan kuantitatif
Jawab: A

79.    Langkah pertama dalam mengembangkan kuesioner survey adalah…
a.       Memilih sampel
b.       Menentukan populasi dari mana sampel berasal
c.        Membuat daftar tujuan khususu yang akan dipenuhi
d.       Menyusun pertanyaan kuesioner
Jawab: C

80.    Pilihan jawaban dari suatu pertanyaan tertutup harus memenuhi sifat-sifat berikut ini…
a.       Tuntas dan tidak tumpang tindih
b.       Merupakan pertanyaan yang bervariasi
c.        Dapat menampung semua jawaban
d.       Menggunakan kalimat positif
Jawab: A

81.    Ujicoba kuesioner dimaksudkan untuk…
a.       Mengetahui kemampuan responden yang akan diteliti
b.       Mengujicobakan berbagai cara pengumpulan data
c.        Membiasakan responden dengan kuesioner yang dikembangkan
d.       Mengetahui ketepatan pertanyaan sebagai alat pengumpul data yang diinginkan
Jawab: D
Lihat: Hal. 5.14

KB 2: Pedoman Wawancara dan Observasi

82.    Dibandingkan dengan kuesioner yang dikirim melalui pos, keuntungan utama dari wawancara adalah…
a.       Murah biaya dan tingginya realibilitas
b.       Mudah beradaptasi denganmasalah dan diperolehnya informasi yang lebih mendalam
c.        Lebih objektif dan mudah dilaksanakan
d.       Mudah dilaksanakan dan informasi yang diperoleh mudah dipercaya
Jawab: B
Lihat: Hal. 5.17

83.    Persamaan pedoman wawancara tersturuktur dengan pedoman wawancara tidak tersturuktur adalah…
a.       Hanya membutuhkan rencana umum tentang hal  yang akan ditanyakan
b.       Setiap pertanyaan dalam pedoman diikuti dengan pilihan jawaban
c.        Sama-sama mengacu pada tujuan diadakannya wawancara
d.       Keduanya menanyakan pendapat responden tentang topik yang diteliti
Jawab: C
Lihat: Hal. 5.17

84.    Dalam teknik wawancara sangat dianjurkan agar…
a.       Yakin bahwa responden mengerti setiap[ pertanyaan yang ditanyakan
b.       Menghindari pembicaraan singkat sebelum memulai wawancara formal
c.        Mengecek ulang responden jika jawaban mereka tidak meyakinkan
d.       Menanyakan pertanyaan yang mengarah
Jawab: A
Lihat: Hal. 5.17 eksplisit

85.    Pada waktu mengujicobakan pedoman wawancara, Anda menemukan pertanyaan yang enggan dijawab oleh responden. Langkah yang Anda lakukan agar pertanyaan tersebut layak untuk tetap dipakai adalah…
a.       Memperjelas maksud pertanyaan
b.       Meninjau kembali cara mengkomunikasikan pertanyaan
c.        Menata kembali prosedur wawancara
d.       Semua benar
Jawab: D
Lihat: Hal. 5.18

86.    Seorang tutor ingin mengamati dan mencatat setiap kejadian penting selama tutorial yang dilaksanakannya berlangsung. Pencatatan ini direncanakan akan terus berlangsung selama satu semester. Untuk itu paling tepat jika ia menggunakan format observasi…
a.       Catatan Berkala
b.       Anecdotal Record
c.        Check List
d.       Rating Scale
Jawab: B
Lihat: Hal. 5.19

87.    Kaset audio dan video dperlukan sebagai alat observasi dalam situasi-situasi sepeti tersebut di bawah ini, kecuali…
a.       Kejadian penting terjadi secara bersamaan
b.       Pengamat dengan kualifikasi sesuai berhalangan hadir
c.        Pengamat tidak berminat mengamati secara langsung
d.       Untuk merekam kejadia penting di sekitar responden
Jawab: C
Lihat: Hal.5.24-5.25

88.    Kerugian menggunakan format observasi yang standar adalah…
a.       Tidak mengakomodasikan variabel lain yang mungkin diinginkan peniliti
b.       Validitas dan reliabilitas instrumen terjamin
c.        Format sulit diperoleh
d.       Temuan studi bisa berbeda dangan studi lain yang menggunakan instrumen yang sama
Jawab: A
Lihat: Hal. 5.22

KB 3: Validitas dan Reliabilitas

89.    Manakah dari pertanyaan ini yang memiliki validitas permukaan?
a.       Sikap terhadap program penghijauan
b.       Padatnya lalu lintas
c.        Pendapat tentang polusi udara
d.       Simpati terhadap korban banjir
Jawab: B
Lihat: Hal. 5.29



90.    Untuk konsep kejelasan deskripsi  tugas dan tanggung jawab, maka pengukuran validitas instrumennya dapat menggunakan…
a.       Validitas permukaan
b.       Validitas konstrak
c.        Validitas kriteria
d.       Validitas kriteria dan atau validitas konstrak
Jawab: D
Lihat: Hal. 5.30

91.    Kesamaan antara validitas konstrak dan validitas kriteria adalah…
a.       Keduanya memberikan hasil pengukuran yang sama
b.       Keduanya mengukur konsep sederhana
c.        Keduanya menggunakan untuk menilai konsep yang berdimensi banyak
d.       Keduanya merupakan prosedur validasi yang paling kuat
Jawab: C
Lihat: Hal. 5.30

92.    Berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai validitas reliabilitas, kecuali…
a.       Kesesuaian antara konsep yang diukur dengan hasil pengukurannya selslu menghasilkan konsep pengukuran yang tepat
b.       Suatu alat ukur yang memiliki validitas, otomatis memiliki juga  reliabilitas
c.        Validitas mempermasalahkan kesesuain konsep dengan kenyataan sedangkan reliabilitas mempermasalahkan konsistensi pengukuran
d.       Suatu alat ukur yang mantap biasanya juga dapat diandalkandan dapat diramalkan
Jawab: A
Lihat: Hal. 5.32

93.    Manakah dari pertanyaan-pertanyaan berikutini yang memiliki reliabiltas paling tinggi?
a.       Kemanakah tujuan rencana liburan Anda?
b.       Berapa usia Anda sekarang?
c.        Apa pendapat Anda tentang kerusakan ozon?
d.       Siapakah nama ibu kandung Anda?
Jawab: D
Lihat: Hal. 5.35

94.    Pada metode belah dua, penilaian reliabiltas alat ukur dilakukan dengan cara…
a.       Satu alat ukur digunakan oleh 2 orang peneliti
b.       Dua alat ukur yang berbeda digunakan oleh 1 peniliti
c.        Membagi dua secara sama satu alat ukur
d.       Meberikan alat ukur yang sama pada saat yang berbeda
Jawab: C

Modul 6
ANALISIS DATA PENULISAN LAPORAN

KB 1: Analisis Data

95.    Mana dari pernyataan berikut yang paling benar?
a.       Statistik deskriptif digunakan untuk meringkas data
b.       Statistik deskriptif digunakan untuk menguji hipotesis
c.        Pilihan alat analisis statistik tergantung dari besarnya sampel
d.       Statistik deskriptf merupakan metode analisisi kualitatif
Jawab: A

96.    Skala pengukuran yang memberikan kategori tanpa urutan adalah…
a.       Interval
b.       Nominal
c.        Rasio
d.       Ordinal
Jawab: B
Lihat: Hal. 6.8

97.    Pengukuran nilai tengah dapat dilakukan dengan menghitung…
a.       Kisaran
b.       Simpangan baku
c.        Nilai rata-rata
d.       Koefesien korelasi
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.13

98.    Bila penelitiingin melihat hubungan antara empat variabel, maka salah satu teknik analisis statistik yang dapat digunakannya adalah…
a.       Biserial
b.       Beserial titik
c.        Tetrachoric
d.       Regresi
Jawab: D
Lihat: Hal. 6.17

99.    Alat analisis yang paling tepat untuk melihat korelasi antara dua variabel dansalah satu variabel merupakan variabel dikotomi  buatan adalah…
a.       Biserial titik
b.       Biserial
c.        Pearson
d.       Koefesien phi
Jawab: B
Lihat: Tabel 6.6 Hal. 6.16

100.Standar deviasi dapat memperlihatkan…
a.       Kecenderungan nilai tengah data
b.       Korelasiantara dua atau lebih variabel
c.        Variasi data
d.       Kisaran data
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.13

101.Analisis deskriman merupakan teknil analisi yang sesuai bila…
a.       Data variabel-variabel yang dihubungkan merupakan data kontinu
b.       Data variabel-variabel yang dihubungkan merupakan data kategorikal
c.        Bila variabel dependen yang dihubungkan merupakan data dikotomi sedangkan variabel-variabel independennya merupakan data kontinu
d.       Bila variabel dependen yang dihubungkan merupakan data kategorikal
Jawab: C
Lihat: Tabel 6.7 Hal. 6.17

102.Kisaran nilai suatu koefesien korelasi adalah antara…
a.       -1 sampai dengan 0
b.       -1 dampai dengan +1
c.        0 sampai dengan +1
d.       Tak terhingga sampai dengan + tak terhingga
Jawab: B
Lihat: Hal. 6.16

103.Data kontinu adalah data yang…
a.       Mengandung nilai yang secara teori tidak terbatas
b.       Menunjukkan posisi seseorang/subjek diantara subjek lainnya dalam variabl yang sama
c.        Variasi nilainya hanya ada dua
d.       Nilainya hanya mencapai 100
Jawab: A
Lihat: Hal. 6.9

104.Data literatur merupakan contoh yang paling tepat untuk jenis pengukuran
a.       Nominal
b.       Ordinal
c.        Interval
d.       Rasio
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.19

105.Suatu penelitian kualitatif selalu memulai kegiatan peneletiannya dengan…
a.       Sebuah hipotesis
b.       Suatu daftara variabel yang akan diteliti
c.        Suatu pertanyaan umum dan foreshadowed problems
d.       Suatu daftar pertanyaan.
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.18

106.Suatu tujuan yang dinyatakan dalam bentuk foreshadowed problemsmenunjukkan bahwa penelitinya…
a.       Akan berpegang teguh pada foreshadowed problems secara kaku
b.       Akan selalu melakukan formulasi ulang tujuan sesuai dengan temuan di lapangan
c.        Akan menguji problem tersebut dangan teori yang ada
d.       Hanya akan mengamati fakta yang sesuai dengan foreshadowed problems  tersebut
Jawab: B
Lihat: Hal. 6.19
  





KB 2: Penulisan Laporan

107.Sering terjadi penelitian yang sudah dilakukan dengan daya dan tenaga yang cukup besar, tidak pernah diketahui hasilnya. Hal ini disebabkan oleh…
a.       Peneliti tidak mengkomunikasikan hasil penelitiannya
b.       Laporan penelitian tidak selesai ditulis
c.        Data yang dikumpulkan tidak memadai
d.       Hasil penelitian yang diharapkan tidak terwujud
Jawab: B
Lihat: Kami Jawab A perhatikan Hal. 6.22

108.Dengan membaca sebuah laporan penelitian, pembaca dapat mengetahui apa yang telah dikerjakan oleh peneliti dan hasil yang dicapai. Kondisi ini hanya mungkin terjadi jika laporan penelitia…
a.       Disajikan secara jelas dan sistematis
b.       Menggunakan bahasa/istilah-istilah penelitian
c.        Disusun dengan cara yang menarik
d.       Memaparkan semua ha yang telah dilakukan oleh peneliti
Jawab:A

109.Laporan penelitian berfungsi sebagai…
a.       Syarat untuk menyelesaikan penelitian
b.       Sarana utama seorang peneliti
c.        Kriteria utama seorang peneliti
d.       Komunikasi antara peneliti dan pembaca yang dituju
Jawab: D
Lihat: Hal. 6.22

110.Laporan eksekutif biasanya ditulis untuk…
a.       Pembaca umum
b.       Kalangan akademis
c.        Para pejabat pengambil keputusan
d.       Para juri/para peneliti lain
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.24

111.Berdasarkan tujuan laporan peneletian, dapat dikenal laporan penelitian sebagai berikut, kecuali…
a.       Laporan populer
b.       Laporan penelitian ilmiah remaja
c.        Desertasi
d.       Tesis
Jawab: A

112.Komponen laporan penelitian dapat diidentifikasi dari…
a.       Tujuan laporan penelitian
b.       Masalah yang diteliti
c.        Jenis laporan
d.       Luasnya bidang yang diteliti
Jawab: A
Lihat: Kami Jawab B perhatikan Hal. 6.24

113.Berikut ini adala komponen yang terdapat dalam sebuah laporan penelitian, kecuali…
a.       Metodologi
b.       Latar belakang
c.        Abstrak
d.       Temuan
Jawab: B
Lihat: Hal. 6.24

114.Di antara judul berikut, yang mana yang paling sesuai untuk judul laporan penelitian yang ditujukan bagi masyarakat umum?
a.       Studi Dampak Lingkungan bagi Pola Hidup Masyarakat
b.       Studi tentang Pencemaran Air Sungai dan Munculnya Penyakit Muntaber
c.        Studi tentang Pengaruh Lingkungan pada Pola Munculnya Penyakit Muntaber
d.       Studi tentang Pola Hidup dan Lingkungan
Jawab: B

115.Judul laporan penelitian harus dapat menggambarkan…
a.       Masalah yang diteliti
b.       Temuan yang dilaporkan
c.        Informasi yang terdapat dalam laporan
d.       Harapan pembaca akan penelitian yang dilaporkan
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.25


116.Abstrak biasanya menggambarkan secara singkat  hal-hal berikut,kecuali…
a.       Permasalahan
b.       Metodologi
c.        Temuan
d.       Telaah kepustakaan
Jawab: D
Lihat: Hal. 6.26

117.Sumber-sumber yang ditelaah dalam kepustakaan adalah yang…
a.       Berkaitan denganmasalah penelitian
b.       Sedang banyak dibahas umum
c.        Menunjukkan pentingnya masalah untuk diteliti
d.       Banya dimuat dalam berbagai media
Jawab: C

118.Kualitas telaah kepustakaan dapat mencerminkan …
a.       Kualitas hasil penelitian
b.       Wawasan penelitian tentang masalah yang diteliti
c.        Besarnya perhatian peneliti terhadap masalah yang diteliti
d.       Besarnya dukungan terhadap penelitian
Jawab: B

119.Sumber data merupakan informasi penting bagi pembaca laporan penelitian dalam…
a.       Menafsirkan generalisasi hasil penelitian
b.       Mengenal luasnya data yang dikumpulkan
c.        Memahami cara pengumpulan data
d.       Menelusuri kebenaran data
Jawab: A
Lihat: Hal.6.28

120.Untuk memudahkan pembaca, laporan penelitian sebaiknya dilengkapi dengan berbagai tabel, yang dapat mengkomunikasikan informasi tentang hal-hal berikut, kecuali…
a.       Jenis variabel
b.       Masalah yang diteliti
c.        Instrumen yang digunakan
d.       Hasil analisis data
Jawab: B

121.Penyajian temuan dalam laporan penelitian haruslah dikaitkan dengan…
a.       Pesanan dari sponsor
b.       Masalah yang diteliti
c.        Sumber data
d.       Pertanyaan penelitian
Jawab: D
Lihat: Hal. 6.30

122.Dengan membaca garis besar laporan penelitian, seseorang dapat memperkirakan…
a.       Luasnya cakupan laporan
b.       Tujuan penulisan laporan
c.        Pesan sponsor penelitian
d.       Misi yang ingin disampaikan
Jawab: A

123.Garis besar laporan penelitian pada umumnya bervariasi menurut hal-hal berikut, kecuali…
a.       Hakikat laporan
b.       Tujuan laporan
c.        Jenis laporan
d.       Penerbitan laporan
Jawab: B
Lihat: Hal. 6.35

124.Selama menulis laporan, garis besar laporan dapat dijadikan acuan dalam penulisan, tetapi jika dirasakan ada hal-hal yang tidak sesuai, penulis dapat…
a.       Mengabaikan garis besar laporan
b.       Mengubah garis besar sesuai dengan keperluan
c.        Membuat garis besar laporan yang baru
d.       Menggunakan terus garis besar yang sudah dibuat
Jawab: B

125.Dalam penggunaan bahasa tulis, perlu diperhatikan aspek-aspek berikut, kecuali…
a.       Pilihan kata
b.       Intonasi
c.        Struktur kalimat
d.       Ejaan
Jawab: B
Lihat: Hal.6.38 – 6.42

126.Kalimat efektif mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali…
a.       Singkat
b.       Jernih dan jelas
c.        Mudah dipahami
d.       Enak baca
Jawab: D
Lihat: Hal. 6.39

127.Kalimat efektif dapat diusahakan dengan cara-cara berikut, kecuali…
a.       Mengurangi keterangan yang tidak perlu
b.       Memeriksa kelengkapan unsur kalimat
c.        Menghindari kata-kata sukar
d.       Menghilangkan kata yang tidak berfungsi
Jawab: C
Lihat: Hal. 6.39

128.Bagian pendahuluan laporan penelitian dapat ditulis dengan cara…
a.       Berpedoman pada laporan yang sudah ada
b.       Mengacu kepada proposal penelitian
c.        Mengambil dari proposal penelitian dengan perubahan seperlunya
d.       Menyingkat bagian pendahuluan pada proposal penelitian
Jawab: C
Lihat: Hal.6.42

129.Penulisan bagian metodologi pada laporan penelitian dapat mengacu kepada proposal penelitian dengan mengadakan perubahan yang sesuai dengan…
a.       Keadaan populasi/sampel
b.       Hasil uji coba instrumen
c.        Situasi ketika mengadministrasikan instrumen
d.       Kenyataan di lapangan selama persiapan/pelaksanaan penelitian
Jawab: D
Lihat: Hal.6.43

130.Laporan setiap temuan sebaiknya berupa…
a.       Jawaban dari pertanyaan penelitian
b.       Uraian singkat tentang data yang dianalisis
c.        Jawaban terhadap masalah penelitian
d.       Uraian singkat karakteristik data
Jawab: A
Lihat: Hal.6.43

131.Dalam kaitan dengan etika, penulis laporan hendaknya memperhatikan hal-hal berikut, kecuali…
a.       Dampak laporan terhadap responden
b.       Menepati janji pada responden
c.        Kejujuran dalam melaporkan
d.       Pesan dari sponsor penelitian
Jawab: D
Lihat: Hal. 6.45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar