RANGKUMAN SOAL
METODE
PENELITIAN IDIK4306/2SKS/MODUL 1- 6
Modul 1
Ruang Lingkup
dan Tujuan Penelitian Pendidikan
1.
Jelaskan,
seberapa luaskah ruang lingkup penelitian pendidikan?
Jawab: Ruang lingkup pendidikan
luas sekali karena pendidikan sendiri merupakan bidang kajian yang terkait erat
dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti Psikologi, Sosiologi, Antropologi,
Politik, Ekonomi, dan sebagainya. Banyak sekali konsep atau teori
pendidikan yang dikembangkan dengan mendapatkan inspirasi atau berlandaskan
pada berbagai ilmu tersebut.
2.
Sebutkan
perbedaan tingkat generalisasi antara penelitian dasar dan penelitian terapan?
Jawab: Tingkat generalisasi
pada penelitian dasar bersifat abstrakdan berkaitan dengan sains sebagai
ilmu. Pada penelitian terapan, tingkat generalisasinya
bersifat umum dan berlaku hanya pada bidang terapan yang
bersangkutan.
3.
Secara
teoritis, sebutkan manfaat penelitian pendidikan?
Jawab: Secara teoritis manfaat
hasil penelitian pendidikan adalah sebagai berikut:
a.
Peta
yang menggambarkan tentang keadaan pendidikan dan melukiskan kemampuan sumber
daya, kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan dalam penyelenggaraan
pendidikan.
b.
Sarana
diagnosis dalam mencari sebab kegagalan serta masalah yang dihadapi dalam
pelaksanaan pendidikan sehingga dengan mudah dapat dicari upaya
penanggulangannya.
c.
Sebagai
sarana untuk menyusun kebijakan dalam menyusun strategi pengembangan
pendidikan.
d.
Masukan
yang memberikan gambaran tentang kemampuan dalam pembiayaan peralatan,
perbekalan, serta sumber daya manusia, baik yang secara kuantitas maupun
kualitas sangat berperan bagi keberhasilan dalam bidang pendidikan.
4.
Sebutkan
4 karakteristik yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman dalam merumuskan
masalah?
Jawab:4 Kriteria yang dapat digunakan
sebagai pedoman dalam penyusunan masalah adalah:
a.
Layak
teliti,
b.
Mempunyai
nilai praktis dan teoritis
c.
Realistis,
d.
Orsinalitas.
5.
Apakah
yang dimaksud dengan memfokuskan masalah?
Jawab: Pengertian memfokuskan
disini adalah memilih dan menentukan masalah yang Anda minati dan menguraikan
masalah yang terlalu umum tersebut menjadi masalah yang spesifik.
6.
Apakah
fungsi tujuan dalam penelitian pendidikan?
Jawab: Fungsi tujuan dalam
penelitian adalah sebagai arah, petunjuk, atau pengontrol yang memandu agar
seluruh tahapan aktivitas penelitian yang akan dilakukan tidak menyimpang.
7.
Secara
umum jelaskan apa yang dimaksud dengan hipotesis?
Jawab: Secara umum, hipotesis dapat
diartikan sebagai rumusan jawaban sementara atau dugaan sehingga untuk
membuktikan benar tidaknya dugaan tersebut perlu diuji terlebih dahulu. Perlu
digaris bawahi, bahwa pengertian dugaan di sini tidak berarti sembarang tanpa
dasar. Permusan hipotesis harus mengindahkan kaidah-kaidah ilmiah yang
sistematis dan rasional.
Untuk
pertanyaan nomor 8-10, gunakan informasi di bawah ini sebagai input.
Lembaga
pendidikan tempat Anda bekerja sedang mengembangkan alat bantu belajar berupa
kaset dan modul (bahan cetak). Kaset dan modul tersebut berisi bahan ajar
Biologi yang diperuntukkan untuk siswa kelas VI SD. Bobot materi yang terdapat
pada kedua jenis bahan ajar tersebut sama. Anggap Anda tinggal di kota K dan
Anda ingin menguji keandalan masing-masing bahan ajar tersebut pada siswa SD di
kota Anda.
8.
Rumuskan
masalah penelitian Anda?
Jawab: Rumusan masalah penelitian:
Adakah perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K)
yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang belajar dengan menggunakan
modul.
9.
Rumuskan
tujuan penelitian Anda?
Jawab: Tujuan penelitian:
Mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar Biologi antara siswa (Kelas VI
SD di kota K) yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang menggunakan
modul.
10.
Rumuskan
hipotesis penelitian Anda dengan hipotesis nol?
Jawab: Tidak ada perbedaan prestasi
belajar Biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K) yang belajar dengan
menggunakan kaset dan siswa yang belajar dengan menggunakan modul.
Modul 2
Tinjauan Pustaka
danPenyusunan Kerangka Teori
KB
1: Pengertian dan Tujuan Tinjauan Pustaka
11.
Bab
tinjuan pustaka dalam laporan penelitian
antara lain dapat menunjukkan…
a.
Banyaknya
buku yang dibaca oleh peniliti
b.
Bahwa
penelitian didasarkan pada hasil penelitian sebelumnya
c.
Bahwa
penelitian dilakukan dengan benar
d.
Keaslian
dari penelitian yang dilakukan
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 2.2
12.
Berikut
ini yang tidak termasuk kegiatan tinjauan pustaka adalah…
a.
Mencari
sumber pustaka
b.
Membaca
sumber pustaka
c.
Menelaah
sumber pustaka
d.
Menulis
bab tinjauan pustaka
Jawab:
B
Lihat:
Kami Jawab D perhatikan Hal. 2.2
13.
Manfaat
langsung yang diperoleh peneliti dari kegiatan tinjauan pustaka adalah hal-hal
berikut, kecuali …
a.
Bahan-bahan
untuk menyusun kerangka teori penelitian
b.
Wawasan
yang mendalam tentang penelitian yang relevan
c.
Bahan-bahan
untuk membantu penafsiran data
d.
Topik-topik
lain yang lebih menarik untuk diteliti
Jawab:D
Lihat:
a) Hal. 2.3; b) Hal. 2.8; c) Hal. 2.7
14.
Wawasan
yang mendalam tentang penelitian-penelitian yang relevan perlu dimiliki oleh
setiap peneliti agar peneliti…
a.
Dapat
membuat rancangan penelitian yang lebih baik
b.
Tidak
melakukan duplikasi dari penelitian lain
c.
Tidak
menggunakan variabel yang sudah banyak diteliti
d.
Dapat
menggunakan teori yang baru
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 2.8
15.
Bagi
peneliti yang belum berpengalaman, kegiatan tinjauan pustaka sebaiknya
dilakukan pada tahap…
a.
Perumusan
masalah penelitian
b.
Penyusunan
kerangka teori penelitian
c.
Penelaahan
hasil penelitian
d.
Penyusunan
laporan penelitian
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 2.4
16.
Hasil
tinjauan pustaka perlu dipertimbangkan untuk memperbaiki hipotesis penelitian
Anda bila…
a.
Belum
ada penelitian yang menguji hipotesis Anda
b.
Variabel
penelitian Anda terbukti tidak penting
c.
Tidak
banyak peneliti yang meniliti variabel Anda
d.
Sudah
terlalu banyak peneliti yang menguji hipotesis Anda
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 2.6
17.
Seseorang
dapat dikatakan belum melakukan tinjauan pustaka yang mendalam apabila ia…
a.
Menggunakan
konsep-konsep yang dikemukakan peneliti lain
b.
Menggunakan
variabel yang sudah banyak diteliti
c.
Menggunakan
pendekatan yang steril
d.
Tidak
banyak mengutip pustaka relevan
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 2.6
18.
Dengan
adanya temuan yang tidak konsisten yang menyangkut hubungan antardua variabel
tertentu, maka peluang yang dapat diambil untuk penelitian lebilh lanjut
adalah…
a.
Hubungan
kedua variabel tersebut tidak perlu diteliti lagi
b.
Tidak
ada peluang untuk melakukan penelitian yang lebih lanjut
c.
Meneliti
pengaruh variabel antara terhadap hubungan kedua variabel tersebut
d.
Melakukan
penelitian terhadap variabel-variabel lain yang hubungannya lebih konsisten
Jawab:
C
Lihat:
Hal.2.5
19.
Pendekatan
penelitian disebut steril apabila pendekatan tersebut…
a.
Tidak
menghasilkan temuan yang berarti
b.
Tidak
sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai
c.
Tidak
memenuhi persyaratan untuk penelitian ilmiah
d.
Hanya
dapat digunakan untuk penelitian yang dilakukan di laboratorium
Jawab:B
Lihat:
Kami jawab A perhatikan Hal. 2.6
20.
Rekomendasi
yang diberikan oleh peneliti lain penting untuk diperhatikan, karena…
a.
Merupakan
rambu-rambu untuk menghindari duuplikasi penelitian
b.
Biasanya
dapat digunakan sebagai dasar bagi penelitian yang lebih lanjut
c.
Untuk
menghindari pendekatan yang steril
d.
Merupakan
bagian yang penting dari laporan penelitian
Jawab:A
Lihat:
Hal. 2.6
KB
2: Strategi Mencari Sumber Pustaka
21.
Sumber
pustaka primer adalah…
a.
Pustaka
yang dapat memberikan informasi langsung
b.
Artikel
yang merupakan kajian mengenai sesuatu topik
c.
Artikel
penelitian yang ditulis oleh peneliti yang bersangkutan
d.
Pustaka
yang dapat menunjukkan sumber informasi
Jawab:C
Lihat:
Hal. 2.11
22.
Kelebihan
dari sumber pustaka sekunder adalah…
a.
Dapat
menunjukkan lokasi suatu sumber informasi
b.
Membahas
konsep-konsep yang penting
c.
Ditulis
langsung oleh peneliti yang bersangkutan
d.
Menyajikan
informasi yang lengkap mengenai kegiatan penelitian
Jawab:B
Lihat:
Kami jawab A juga Benar lihat Hal. 2.12
23.
Psychological
Abstracts dan Indonesian Agricultural Bibliography adalah contoh
dari…
a.
Buku
acuan
b.
Sumber
pustaka primer
c.
Sumber
pustaka sekunder
d.
Buku
karya umum
Jawab:
A
24.
Bila
dalam sebuah buku ada bab yang melaporkan hasil penelitian yang dilakukan oleh
penulis bab, maka bab ini dapat dikategorikan ke dalam….
a.
Buku
acuan
b.
Sumber
pustaka primer
c.
Sumber
pustaka sekunder
d.
Buku
refrensi
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 2.11
25.
Sebuah
artikel kajian yang membahas tentang hasil-hasil penelitian orang lain
merupakan contoh dari …
a.
Artikel
penelitian
b.
Artikel
biasa
c.
Sumber
pustaka primer
d.
Sumber
pustaka sekunder
Jawab:D
Lihat:
Hal. 2.12
26.
Penggunaan
kata kunci yang tepat akan membantu penelusuran lokasi sumber pustaka. Tetapi
memilih kata kunci yang tepat baru dapat dilakukan bila…
a.
Topik
yang diminati telah banyak yang diteliti
b.
Masalah
penelitian sudah dirumuskan
c.
Telah
ditemukan buku acuan yang tepat
d.
Peneliti
telah mempelajari sumber pustaka sekunder
Jawab:B
Lihat:
Hal.2.14
27.
Lokasi
dimuatnya sebuah artikel dalam subjek tertentu dapat ditelusuri dengan
menggunakan…
a.
Buku
acuan yang relevan
b.
Kartu
katalog judul
c.
Kartu
katalog pengarang
d.
Kartu
katalog subjek
Jawab:A
Lihat:
Hal. 2.14
28.
Seseorang
akan dapat memanfaatkan fasilitas Telnet, FTP, maupun Gopher jika ia memiliki…
a.
Database
b.
CD-ROM
c.
Account
d.
Command
Jawab:C
Lihat:
Hal. 2.20
29.
Salah
satu forum komunikasi dalam jaringan komputer adalah mailinglist, yang ciri
khasnya adalah…
a.
Menyajikan
informasi yang berupa hasil penelitian
b.
Menyediakan
informasi yang dikemas dalam bentuk homepage
c.
Penggunanya
dapat saling berkirim berita
d.
Penggunanya
dapat menanggapi topik diskusi yang disajikan
Jawab:D
Lihat:
Hal. 2.23
30.
Beberapa
piranti lunak di bawah ini dapat digunakan untuk menyalin sebuah file yang
berlokasi di luar negeri, kecuali…
a.
Telnet
b.
FTP
c.
Gopher
d.
Mailing-List
Jawab:D
Lihat:
a) Hal. 2.20; b) Hal. 2.27; c) Hal. 2.27
KB
3: Menyajikan Hasil Tinjuan Pustaka
31.
Yang
pertama-tama harus kita perhatikan dalam pemilihan artikel untuk ditelaah
adalah…
a.
Ada
tidaknya abstrak
b.
Kejelasan
konsep yang disajikan
c.
Ada
tidaknya temuan-temuan yang berarti
d.
Relevansi
antara artikel dengan masalah penelitian
Jawab:D
Lihat:
Hal. 2.27
32.
Menelaah
artikel sebaiknya dimulai dari terbitan yang paling baru karena…
a.
Penelitian
yang lebih lama mungkin sudah tidak relevan
b.
Penelitian-penelitian
sebelumnya sudah ketinggalan jaman
c.
Penelitian
yang lebih baru biasanya sudah didasarkan pada penelitian sebelumnya
d.
Penelitian
yang lebih baru basanya menggunakan rancangan penelitian yang lebih baik
Jawab:C
Lihat:
Hal. 2.29
33.
Pada
saat menelaah artikel biasa, yang perlu dilakukan adalah…
a.
Menctat
pernyataan atau konsep yang penting
b.
Membuat
ringkasan dari artikel
c.
Menilai
keterbacaan artikel
d.
Menilai
kualitas artikel
Jawab:A
Lihat:
Hal.2.29
34.
Membuat
kutipan langsung adalah…
a.
Mencatat
pernyataan orang lain dengan menggunakan kata-kata sendiri
b.
Mencatat
pernyataan orang lain dengan menggunakan kalimat aslinya
c.
Membuat
catatan dari temuan-temuan penelitian yang penting
d.
Membuat
ringkasan dari konsep-konsep yang penting
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 2.32
35.
Tanda
kutip digunakan pada saat membuat…
a.
Kutipan
tak langsung
b.
Kutipan
langsung yang pendek
c.
Kutipan
langsung yang panjang
d.
Ringkasan
artikel
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 2.32
36.
Dalam
membuat kutipan langsung yang panjang, perlu diperhatikan cara pengetikannya,
yaitu…
a.
Dengan
menggunakan tanda kutip
b.
Dengan
menggunakan catatan kaki
c.
Diketik
dalam baris baru secara indented
d.
Diketik
dengan menggunakan font yang berbeda
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 2.33
37.
Kartu
sitasi pada dasarnya adalah kartu yang digunakan untuk…
a.
Mencatat
data bibliografi sumber pustaka
b.
Mencari
lokasi buku di perpustakaan
c.
Meminjam
buku di perpustakaan
d.
Mencatat
kutipan atau hasil telaahan artikel
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 2.30
38.
Manfaat
yang didapat dari kegiatan penelitian menelaah artikel penelitian adalah
hal-hal berikut ini, kecuali…
a.
Mengetahui
kemampuan penulis artikel dalam meneliti
b.
Mengetahui
temuan-temuan penelitian yang penting
c.
Mengetahui
konsep atau pendapat yang relevan dan penting
d.
Memperoleh
wawasanuntuk bekal dalam menafsirkan data penelitian
Jawab:
A
39.
Kerangka
teori penelitian pada dasarnya merupakan penjelasan mengenai…
a.
Pustaka-pustaka
yang relevan dengan masalah penelitian
b.
Latar
belakang dilakukannya penelitian
c.
Pemikiran
dan temuan-temuan yang mendasari penelitian
d.
Bagaimana
penelitian akan dilakukan
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.37
40.
Dalam
menyajikan kerangka teori penelitian, peneliti perlu membahas hubungan
antarvariabel dengan tujuan di bawah ini,kecuali untuk…
a.
Mengarahkan
pembahasan pada perumusan hipotesis atau pembuatan model
b.
Menunjukkan
bahwa variabel penelitian dipilih berdasarkan temuan-temuan sebelumnya
c.
Menunjukkan
bahwa pemilihan variabel didasarkan pada pemikiran yang mendalam
d.
Menunjukkan
kepada pembca mengenai keaslian dari pemikiran peniliti
Jawab:
D/C
Model 3
DESAIN
PENELITIAN
41.
Manakah
pernyataan berikut ini yang paling dekat dengan permasalahn yang menayangkut
pendekatan penelitian?
a.
Kesulitan
dialami ketiak banyak subjek mengundurkan diridari penelitian tanpa alasan yang
jelas
b.
Kuesioner
yang kembali tidak lebih dari 60%. Kebanyakan dari mahasiswa yang ber IP tinggi
c.
Masih
belum diputuskan apakah akan menggunakan tes akhir saja atau tes awa dan tes
akhir
d.
Karena
biaya yang diusulkan itu tidak seluruhnya disetujui, maka tidak semua murid
dijadikan subjek penelitian
Jawab:
D
42.
Karena
informasi yand dipunyai masih sangat minim, maka diputuskan untuk mengirimkan
dua orang peneliti dan tinggal untuk beberapa lama di desa tersebut. Penelitian
ini termasuk penelitian…
a.
Korelasional
b.
Diskriptif
c.
Eksplatoris
d.
Historis
Jawab:
C
43.
Anda
bermaksud mengetahui tingkat disiplin kerja karyawan sebuah perusahaan
manufaktur. Salah satu variabel penting adalahpunctuality atau ketepatan
waktu masuk dan pulang. Cara apakah yang Anda anggap paling tepat untuk
mengumpulkan informasi dimaksud?
a.
Melihat
catatan kehadiran dan saat pulang semua karyawan
b.
Memberikan
kuesioner kepada sejumlah karyawan di perusahaan itu
c.
Meminta
pendapat sejumlah atasan karyawan di perusahaan itu
d.
Memberikan
kuesioner baik kepada karyawan maupun pimpinan mereka
Jawab:
A
44.
Manakah
pernyataan berikut ini yang tidak termasuk ciri penelitian eksperimental?
a.
Observasi
dilakukan secara langsung
b.
Pengukuran
hanya dilakukan di akhir perlakuan
c.
Data
dikumpulkan sebanyak-banyaknya
d.
Sampel
tidak selalu mewakili populasi
Jawab:
C
45.
Manakah
dari keadaan berikut ini yang berhubungan dengan desain eksperimental tidak
sungguhan? (jawaban yang benar mungkin lebih dari satu).
a.
Pelaku
eksperimen tidak melakukan penugasan acak
b.
Pelaku
eksperimen melakukan tes awal
c.
Pelaku
eksperimen harus mengumpulkan data sendiri
d.
Program-program
yang dinilai efeknya sudah terjadi sebelumnya
Jawab:A/D
46.
Manakah
dari keadaan berikut ini yang menjadi ciri atau kondisi penting bagi desai
praeksperimental?
a.
Tidak
ada kelompok pembanding
b.
Mampu
menghindari ancaman invaliditas internal
c.
Mampu
menghindari ancaman invaliditas eksternal
d.
Melakukan
manipulasi variabel
Jawab:
A
47.
Satu
bentuk desain eksperimental sejati yang paling banyak dipakai dalam penelitian
pendidikan dan perilaku sosial adalah…
a.
One-Group
Pre-test-Psttes Design
b.
Post-test-only
Control Group Design
c.
Pre-test-Posttest
Control Group Design
d.
Soloimon
Four-Group Design
Jawab:
A
48.
Ancaman
histori dapat muncul jika…
a.
Selama
masa eksperimen ada subjek yang mengikuti program UT; padahal program UT ini
bukan bagian dari perlakuan
b.
Ketika
eksperimen baru saja berlangsung dua bulan, perbaikan jalan dan sarana di desa
itu gencar dilaksanakan
c.
Banyak
subjek yang ikut dalam eksperimen terkesan dengan kepribadian para pelaku
eksperimen
d.
Tes
awal terlalu berdekatan dengan tes akhir
Jawab:
B
49.
Ketika
temuan disajikan dalam suatu seminar, ada peserta yang berkomentar: “Pantas
saja, kelompok kontrol. Perlakuan itu sangat menarik karena sebelumnya mereka
tidak pernah melihat”.
Komentar itu terkait dengan…
a.
Randomisasi
b.
Alat
ukur
c.
Manipulasi
variabel
d.
Validitas
ekologi
Jawab:
D
v
Pilihlah:
A) Jika
pernyataan (1) dan (2) benar
B) Jika
pernyataan (1) dan (3) benar
C) Jika
pernyataan (2) dan (3) benar
D) Jika
(1), (2), dan (3) benar
50.
Penelitian
hanya dianggap berkualitas jika subjek yang ia teliti mewakili populasi.
Pernyataan di atas mengandung isi…
(1)
Sampel
(2)
Maksud
generalisasi
(3)
Metode
atau teknik penelitian
Jawab:
A
51.
Random
Selection ada hubungannya dengan isu…
(1)
Agar
kelompok menjadi setara
(2)
Agar
validitas internal tinggi
(3)
Agar
dapat mewakili populasi
Jawab:
B
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas.
52.
Hipotesis:
Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang porak-poranda (broken homes) akan
menimbulkan masalah disiplin yang lebih besar (misalnya nilai rapor rendah)
daripada anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang utuh (intact) menurut
Anda apakah kita perlu memanipulasi variabel atau menciptakan perlakuan? Apa
alasan Anda?
Jawab: Tidak perlu. Peneliti akan
menghadapi resiko tidak etis dan berbahaya. Bagaimana mungkin kita meminta
sejumlah keluarga yang tadinya utuh untuk pecah atau sebaliknya.
53.
Desain
apa yang Anda anggap memadai untuk menguji hipotesis pada soal nomor 47 di
atas? Jelaskan!
Jawab:Desain Korelasional, karena tidak
mungkin untuk memanipulasi variabel independen. Juga sulit untuk melakukan
randomisasi.
54.
Hipotesis:
Program senam langsing tubuh sesudah jam kerja akan mengurangi efek berat badan
secara signifikan. Hipotesis ini mengandung ancaman Efek
Howthorne. Mengapa?
Jawab:Kemungkinan peserta senam ini tahu
bahwa mereka akan dibandingkan dengan kelompok lainnya.
55.
Apa
istilah yang lazim dipakai untuk menyatakan bahwa peneliti tidak melakukan
randomisasi, melainkan menggunakan anggota kelompok itu sebagaimana adanya?
Jawab:Intact Group
Model 4
PENARIKAN SAMPEL
KB 1: Pengertian
Sampel
56.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan populasi!
Jawab:Populasi adalah jumlah keseluruhan
dari individu-individu yang karakteristik-nya ingin kita ketahui.
57.
Jelaskan
perbedaan populasi terbatas dan populasi tidak terbatas!
Jawab: Populasi terbatas yang
jumlah anggotanya tertentu atau diketahui dengan pasti. Populasi tak terbatas
adalah populasi yang jumlah anggotanya tidak dapat diketahui dengan pasti.
58.
Apakah
yang dimaksud dengan Sampel?
Jawab: Sampel adalah sebagian
anggota populasi yang memberikan keterangan atau data yang diperlukan dalam
penelitian.
59.
Apakah
yang dimaksud Sampel Probabilitas?
Jawab:Sampel Probabilitas adalah elemen
observasi yang dipilih sedemikian rupa sehingga unit atau elemen dapat populasi
tersebut mempunyai peluang yang sama untuk dipilih.
60.
Sebutkan
jenis-jenis Sampel Probabilitas?
Jawab:Jenis-jenis sampel probabilitas adalah
Sampel Acak Sederhana, Sampel Acak Berlapis, Sampel Acak Klaster, dan Sampel
Acak Tetap.
61.
Apakah
yang dimaksud dengan Sampel Acak Berlapis?
Jawab:Sampel Acak Berlapis adalah sampel
yang elemennya dipilih secara acak setelah populasinya distratifikasi atau
dibagi menjadi beberapa lapisan atau sub-populasi.
62.
Jelaskan
prosedur pengambilan Sampel Acak Sederhana?
Jawab:Prosedur Sampel Acak Sederhana
adalah sebagai berikut. (1) menentukan populasi yang akan diteliti, (2)
menentukan ukuran sampel yang akan digunakan, (3) memberikan nomor pada semua
anggota populasi, (4) mengambil nomor tersebut secara acak sebanyak anggota
sampel yang telah ditentukan pada langkah (2).
63.
Apakah
yang dimaksud dengan Sampel Non-Probabilitas!
Jawab:Sampel Non-Probabilitas adalah sampel
yang anggotanya berasal dari suatu populasi yang anggotanya tidak diberi
peluang yang sama untuk dijadikan atau dipilih menjadi anggota sampel.
64.
Sebutkan
jenis-jenis Sampel Non-Probabilitas.
Jawab: Jenis-jenis Sampel
Non-Probailitas adalah sampel sistematis, Sampel Purposif, dan Sampel Kuota.
65.
Apakah
akibat penggunaan teknik pengambilan sampel yang keliru?
Jawab:Penggunaan teknik pengambilan
sampel yang keliru dapat membuat hasil penelitian menjadi tidak bermakna.
KB2: Sampel
yang Represntatif
66.
Ukuran
sampel dalam penelitian merupakan hal yang penting dalam penelitian
karena..
a.
Dapat
dimanipulasi sesuai kehendak peneliti
b.
Dapat
diperkecil sehingga kesimpulan kita akurat
c.
Dapat
diperbesar sehingga pernelitan kita pasti sah
d.
Dapat
menentukan sah-tidaknya penelitian kita
Jawab:
D
67.
Jika
sampel kita besar maka kesalahan pendugaan kita…
a.
Semakin
besar
b.
Semakin
kecil
c.
Nol
d.
Tak
dapat diukur
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 4.14
68.
Menurut
Gay (1987), untuk suatu studi yang bersifat deskriptif, ukuran sampel minimum
(dibandingkan dengan ukuran populasi) sebaiknya…
a.
1
%
b.
10
%
c.
30
%
d.
20
%
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 4.14
69.
Kesalah
atau penyimpangan dalam penarikan sampel pada dasarnya dapat…
a.
Dihilangkan
b.
Diabaikan
c.
Dimaafkan
d.
Diperkecil
Jawab:
D
70.
Kesalahan
sampling adalah kesalahan yang terjadi…
a.
Secara
tiba-tiba
b.
Secara
perlahan-lahan
c.
Secara
kebetulan
d.
Akibat
kecerobohan peneliti
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 4.15
71.
Nilai
duga kesalahan sampling Seakan kecil atau lebih kecil dari satu apabila…
a.
N
= n dan ≤ 1
b.
N
≤ n dan ≤ 1
c.
dan
≥ 1
d.
dan
< 1
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 4.16
72.
Kesalah
non-sampling adalah kesalahan yang disebabkan oleh…
a.
Populasi
b.
Peneliti
c.
Subjek
atau objek penelitian
d.
Komputer
pengolah data
Jawab:
B
73.
Merumuskan
pertanyaan secara tepat termasuk salah satu cara untuk mengurangi…
a.
Kesalahan
populasi
b.
Kesalahan
sampling
c.
Kesalahan
non-sampling
d.
Kesalahan
sampling dan non-sampling
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 4.17
74.
Secara
umum kesalah sampling dapat diperkecil dengan……
a.
Memperkecil
ukuran sampel
b.
Memperbesar
ukuran sampel
c.
Mendefinisikan
populasi secara jelas
d.
Menggunakan
teknik penarikan sampel yang baik
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 4.16
75.
Suatu
sampel dikatakan representatif apabila…
a.
Sesuai
yang diinginkan peneliti
b.
Heterogen
c.
Homogen
d.
Mewakili
karater populasi
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 4.13
Modul 5
INSTRUMEN PENGUMPULAN
DATA
KB
1: Pengembangan Instrumen
76.
Proses
penjabaran suatu gejala yang bersifat abstrak sampai ke tingkat yang lebih
konkret dengan bantuan beberapa hal untuk mengukur gajala tersebut disebut…
a.
Definisi
b.
Variabel
c.
Operasionalisasi
d.
Konsep
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 5.2
77.
Gejala
konkret yang mempunyai variasi nilai disebut…
a.
Konstak
b.
Variabel
c.
Indikator
d.
Konsep
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 5.3
78.
Tujuan
diadakannya alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian survey adalah
untuk…
a.
Memperoleh
informasi yang standar dari sampel
b.
Mengumpulkan
data sebanyak mungkin dalam waktu yang relatif pendek
c.
Mengumpulkan
hanya informasi yang terbukti penting
d.
Mengumpulkan
data yang bukan kuantitatif
Jawab:
A
79.
Langkah
pertama dalam mengembangkan kuesioner survey adalah…
a.
Memilih
sampel
b.
Menentukan
populasi dari mana sampel berasal
c.
Membuat
daftar tujuan khususu yang akan dipenuhi
d.
Menyusun
pertanyaan kuesioner
Jawab:
C
80.
Pilihan
jawaban dari suatu pertanyaan tertutup harus memenuhi sifat-sifat berikut ini…
a.
Tuntas
dan tidak tumpang tindih
b.
Merupakan
pertanyaan yang bervariasi
c.
Dapat
menampung semua jawaban
d.
Menggunakan
kalimat positif
Jawab:
A
81.
Ujicoba
kuesioner dimaksudkan untuk…
a.
Mengetahui
kemampuan responden yang akan diteliti
b.
Mengujicobakan
berbagai cara pengumpulan data
c.
Membiasakan
responden dengan kuesioner yang dikembangkan
d.
Mengetahui
ketepatan pertanyaan sebagai alat pengumpul data yang diinginkan
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 5.14
KB
2: Pedoman Wawancara dan Observasi
82.
Dibandingkan
dengan kuesioner yang dikirim melalui pos, keuntungan utama dari wawancara
adalah…
a.
Murah
biaya dan tingginya realibilitas
b.
Mudah
beradaptasi denganmasalah dan diperolehnya informasi yang lebih mendalam
c.
Lebih
objektif dan mudah dilaksanakan
d.
Mudah
dilaksanakan dan informasi yang diperoleh mudah dipercaya
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 5.17
83.
Persamaan
pedoman wawancara tersturuktur dengan pedoman wawancara tidak tersturuktur
adalah…
a.
Hanya
membutuhkan rencana umum tentang hal yang akan ditanyakan
b.
Setiap
pertanyaan dalam pedoman diikuti dengan pilihan jawaban
c.
Sama-sama
mengacu pada tujuan diadakannya wawancara
d.
Keduanya
menanyakan pendapat responden tentang topik yang diteliti
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 5.17
84.
Dalam
teknik wawancara sangat dianjurkan agar…
a.
Yakin
bahwa responden mengerti setiap[ pertanyaan yang ditanyakan
b.
Menghindari
pembicaraan singkat sebelum memulai wawancara formal
c.
Mengecek
ulang responden jika jawaban mereka tidak meyakinkan
d.
Menanyakan
pertanyaan yang mengarah
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 5.17 eksplisit
85.
Pada
waktu mengujicobakan pedoman wawancara, Anda menemukan pertanyaan yang enggan
dijawab oleh responden. Langkah yang Anda lakukan agar pertanyaan tersebut
layak untuk tetap dipakai adalah…
a.
Memperjelas
maksud pertanyaan
b.
Meninjau
kembali cara mengkomunikasikan pertanyaan
c.
Menata
kembali prosedur wawancara
d.
Semua
benar
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 5.18
86.
Seorang
tutor ingin mengamati dan mencatat setiap kejadian penting selama tutorial yang
dilaksanakannya berlangsung. Pencatatan ini direncanakan akan terus berlangsung
selama satu semester. Untuk itu paling tepat jika ia menggunakan format
observasi…
a.
Catatan
Berkala
b.
Anecdotal
Record
c.
Check
List
d.
Rating
Scale
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 5.19
87.
Kaset
audio dan video dperlukan sebagai alat observasi dalam situasi-situasi sepeti
tersebut di bawah ini, kecuali…
a.
Kejadian
penting terjadi secara bersamaan
b.
Pengamat
dengan kualifikasi sesuai berhalangan hadir
c.
Pengamat
tidak berminat mengamati secara langsung
d.
Untuk
merekam kejadia penting di sekitar responden
Jawab:
C
Lihat:
Hal.5.24-5.25
88.
Kerugian
menggunakan format observasi yang standar adalah…
a.
Tidak
mengakomodasikan variabel lain yang mungkin diinginkan peniliti
b.
Validitas
dan reliabilitas instrumen terjamin
c.
Format
sulit diperoleh
d.
Temuan
studi bisa berbeda dangan studi lain yang menggunakan instrumen yang sama
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 5.22
KB 3: Validitas
dan Reliabilitas
89.
Manakah
dari pertanyaan ini yang memiliki validitas permukaan?
a.
Sikap
terhadap program penghijauan
b.
Padatnya
lalu lintas
c.
Pendapat
tentang polusi udara
d.
Simpati
terhadap korban banjir
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 5.29
90.
Untuk
konsep kejelasan deskripsi tugas dan tanggung jawab, maka pengukuran
validitas instrumennya dapat menggunakan…
a.
Validitas
permukaan
b.
Validitas
konstrak
c.
Validitas
kriteria
d.
Validitas
kriteria dan atau validitas konstrak
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 5.30
91.
Kesamaan
antara validitas konstrak dan validitas kriteria adalah…
a.
Keduanya
memberikan hasil pengukuran yang sama
b.
Keduanya
mengukur konsep sederhana
c.
Keduanya
menggunakan untuk menilai konsep yang berdimensi banyak
d.
Keduanya
merupakan prosedur validasi yang paling kuat
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 5.30
92.
Berikut
ini merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai validitas
reliabilitas, kecuali…
a.
Kesesuaian
antara konsep yang diukur dengan hasil pengukurannya selslu menghasilkan konsep
pengukuran yang tepat
b.
Suatu
alat ukur yang memiliki validitas, otomatis memiliki juga reliabilitas
c.
Validitas
mempermasalahkan kesesuain konsep dengan kenyataan sedangkan reliabilitas
mempermasalahkan konsistensi pengukuran
d.
Suatu
alat ukur yang mantap biasanya juga dapat diandalkandan dapat diramalkan
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 5.32
93.
Manakah
dari pertanyaan-pertanyaan berikutini yang memiliki reliabiltas paling tinggi?
a.
Kemanakah
tujuan rencana liburan Anda?
b.
Berapa
usia Anda sekarang?
c.
Apa
pendapat Anda tentang kerusakan ozon?
d.
Siapakah
nama ibu kandung Anda?
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 5.35
94.
Pada
metode belah dua, penilaian reliabiltas alat ukur dilakukan dengan cara…
a.
Satu
alat ukur digunakan oleh 2 orang peneliti
b.
Dua
alat ukur yang berbeda digunakan oleh 1 peniliti
c.
Membagi
dua secara sama satu alat ukur
d.
Meberikan
alat ukur yang sama pada saat yang berbeda
Jawab:
C
Modul 6
ANALISIS DATA
PENULISAN LAPORAN
KB
1: Analisis Data
95.
Mana
dari pernyataan berikut yang paling benar?
a.
Statistik
deskriptif digunakan untuk meringkas data
b.
Statistik
deskriptif digunakan untuk menguji hipotesis
c.
Pilihan
alat analisis statistik tergantung dari besarnya sampel
d.
Statistik
deskriptf merupakan metode analisisi kualitatif
Jawab:
A
96.
Skala
pengukuran yang memberikan kategori tanpa urutan adalah…
a.
Interval
b.
Nominal
c.
Rasio
d.
Ordinal
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 6.8
97.
Pengukuran
nilai tengah dapat dilakukan dengan menghitung…
a.
Kisaran
b.
Simpangan
baku
c.
Nilai
rata-rata
d.
Koefesien
korelasi
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.13
98.
Bila
penelitiingin melihat hubungan antara empat variabel, maka salah satu teknik
analisis statistik yang dapat digunakannya adalah…
a.
Biserial
b.
Beserial
titik
c.
Tetrachoric
d.
Regresi
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 6.17
99.
Alat
analisis yang paling tepat untuk melihat korelasi antara dua variabel dansalah
satu variabel merupakan variabel dikotomi buatan adalah…
a.
Biserial
titik
b.
Biserial
c.
Pearson
d.
Koefesien
phi
Jawab:
B
Lihat:
Tabel 6.6 Hal. 6.16
100.Standar deviasi
dapat memperlihatkan…
a.
Kecenderungan
nilai tengah data
b.
Korelasiantara
dua atau lebih variabel
c.
Variasi
data
d.
Kisaran
data
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.13
101.Analisis
deskriman merupakan teknil analisi yang sesuai bila…
a.
Data
variabel-variabel yang dihubungkan merupakan data kontinu
b.
Data
variabel-variabel yang dihubungkan merupakan data kategorikal
c.
Bila
variabel dependen yang dihubungkan merupakan data dikotomi sedangkan
variabel-variabel independennya merupakan data kontinu
d.
Bila
variabel dependen yang dihubungkan merupakan data kategorikal
Jawab:
C
Lihat:
Tabel 6.7 Hal. 6.17
102.Kisaran nilai
suatu koefesien korelasi adalah antara…
a.
-1
sampai dengan 0
b.
-1
dampai dengan +1
c.
0
sampai dengan +1
d.
Tak
terhingga sampai dengan + tak terhingga
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 6.16
103.Data kontinu
adalah data yang…
a.
Mengandung
nilai yang secara teori tidak terbatas
b.
Menunjukkan
posisi seseorang/subjek diantara subjek lainnya dalam variabl yang sama
c.
Variasi
nilainya hanya ada dua
d.
Nilainya
hanya mencapai 100
Jawab:
A
Lihat:
Hal. 6.9
104.Data literatur
merupakan contoh yang paling tepat untuk jenis pengukuran
a.
Nominal
b.
Ordinal
c.
Interval
d.
Rasio
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.19
105.Suatu penelitian
kualitatif selalu memulai kegiatan peneletiannya dengan…
a.
Sebuah
hipotesis
b.
Suatu
daftara variabel yang akan diteliti
c.
Suatu
pertanyaan umum dan foreshadowed problems
d.
Suatu
daftar pertanyaan.
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.18
106.Suatu tujuan
yang dinyatakan dalam bentuk foreshadowed problemsmenunjukkan bahwa penelitinya…
a.
Akan
berpegang teguh pada foreshadowed problems secara kaku
b.
Akan
selalu melakukan formulasi ulang tujuan sesuai dengan temuan di lapangan
c.
Akan
menguji problem tersebut dangan teori yang ada
d.
Hanya
akan mengamati fakta yang sesuai dengan foreshadowed
problems tersebut
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 6.19
KB
2: Penulisan Laporan
107.Sering terjadi
penelitian yang sudah dilakukan dengan daya dan tenaga yang cukup besar, tidak
pernah diketahui hasilnya. Hal ini disebabkan oleh…
a.
Peneliti
tidak mengkomunikasikan hasil penelitiannya
b.
Laporan
penelitian tidak selesai ditulis
c.
Data
yang dikumpulkan tidak memadai
d.
Hasil
penelitian yang diharapkan tidak terwujud
Jawab:
B
Lihat:
Kami Jawab A perhatikan Hal. 6.22
108.Dengan membaca
sebuah laporan penelitian, pembaca dapat mengetahui apa yang telah dikerjakan
oleh peneliti dan hasil yang dicapai. Kondisi ini hanya mungkin terjadi jika
laporan penelitia…
a.
Disajikan
secara jelas dan sistematis
b.
Menggunakan
bahasa/istilah-istilah penelitian
c.
Disusun
dengan cara yang menarik
d.
Memaparkan
semua ha yang telah dilakukan oleh peneliti
Jawab:A
109.Laporan
penelitian berfungsi sebagai…
a.
Syarat
untuk menyelesaikan penelitian
b.
Sarana
utama seorang peneliti
c.
Kriteria
utama seorang peneliti
d.
Komunikasi
antara peneliti dan pembaca yang dituju
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 6.22
110.Laporan
eksekutif biasanya ditulis untuk…
a.
Pembaca
umum
b.
Kalangan
akademis
c.
Para
pejabat pengambil keputusan
d.
Para
juri/para peneliti lain
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.24
111.Berdasarkan
tujuan laporan peneletian, dapat dikenal laporan penelitian sebagai
berikut, kecuali…
a.
Laporan
populer
b.
Laporan
penelitian ilmiah remaja
c.
Desertasi
d.
Tesis
Jawab:
A
112.Komponen laporan
penelitian dapat diidentifikasi dari…
a.
Tujuan
laporan penelitian
b.
Masalah
yang diteliti
c.
Jenis
laporan
d.
Luasnya
bidang yang diteliti
Jawab:
A
Lihat:
Kami Jawab B perhatikan Hal. 6.24
113.Berikut ini
adala komponen yang terdapat dalam sebuah laporan penelitian, kecuali…
a.
Metodologi
b.
Latar
belakang
c.
Abstrak
d.
Temuan
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 6.24
114.Di antara judul
berikut, yang mana yang paling sesuai untuk judul laporan penelitian yang
ditujukan bagi masyarakat umum?
a.
Studi
Dampak Lingkungan bagi Pola Hidup Masyarakat
b.
Studi
tentang Pencemaran Air Sungai dan Munculnya Penyakit Muntaber
c.
Studi
tentang Pengaruh Lingkungan pada Pola Munculnya Penyakit Muntaber
d.
Studi
tentang Pola Hidup dan Lingkungan
Jawab:
B
115.Judul laporan
penelitian harus dapat menggambarkan…
a.
Masalah
yang diteliti
b.
Temuan
yang dilaporkan
c.
Informasi
yang terdapat dalam laporan
d.
Harapan
pembaca akan penelitian yang dilaporkan
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.25
116.Abstrak biasanya
menggambarkan secara singkat hal-hal berikut,kecuali…
a.
Permasalahan
b.
Metodologi
c.
Temuan
d.
Telaah
kepustakaan
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 6.26
117.Sumber-sumber
yang ditelaah dalam kepustakaan adalah yang…
a.
Berkaitan
denganmasalah penelitian
b.
Sedang
banyak dibahas umum
c.
Menunjukkan
pentingnya masalah untuk diteliti
d.
Banya
dimuat dalam berbagai media
Jawab:
C
118.Kualitas telaah
kepustakaan dapat mencerminkan …
a.
Kualitas
hasil penelitian
b.
Wawasan
penelitian tentang masalah yang diteliti
c.
Besarnya
perhatian peneliti terhadap masalah yang diteliti
d.
Besarnya
dukungan terhadap penelitian
Jawab:
B
119.Sumber data
merupakan informasi penting bagi pembaca laporan penelitian dalam…
a.
Menafsirkan
generalisasi hasil penelitian
b.
Mengenal
luasnya data yang dikumpulkan
c.
Memahami
cara pengumpulan data
d.
Menelusuri
kebenaran data
Jawab:
A
Lihat:
Hal.6.28
120.Untuk memudahkan
pembaca, laporan penelitian sebaiknya dilengkapi dengan berbagai tabel, yang
dapat mengkomunikasikan informasi tentang hal-hal berikut, kecuali…
a.
Jenis
variabel
b.
Masalah
yang diteliti
c.
Instrumen
yang digunakan
d.
Hasil
analisis data
Jawab:
B
121.Penyajian temuan
dalam laporan penelitian haruslah dikaitkan dengan…
a.
Pesanan
dari sponsor
b.
Masalah
yang diteliti
c.
Sumber
data
d.
Pertanyaan
penelitian
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 6.30
122.Dengan membaca garis
besar laporan penelitian, seseorang dapat memperkirakan…
a.
Luasnya
cakupan laporan
b.
Tujuan
penulisan laporan
c.
Pesan
sponsor penelitian
d.
Misi
yang ingin disampaikan
Jawab:
A
123.Garis besar
laporan penelitian pada umumnya bervariasi menurut hal-hal berikut, kecuali…
a.
Hakikat
laporan
b.
Tujuan
laporan
c.
Jenis
laporan
d.
Penerbitan
laporan
Jawab:
B
Lihat:
Hal. 6.35
124.Selama menulis
laporan, garis besar laporan dapat dijadikan acuan dalam penulisan, tetapi jika
dirasakan ada hal-hal yang tidak sesuai, penulis dapat…
a.
Mengabaikan
garis besar laporan
b.
Mengubah
garis besar sesuai dengan keperluan
c.
Membuat
garis besar laporan yang baru
d.
Menggunakan
terus garis besar yang sudah dibuat
Jawab:
B
125.Dalam penggunaan
bahasa tulis, perlu diperhatikan aspek-aspek berikut, kecuali…
a.
Pilihan
kata
b.
Intonasi
c.
Struktur
kalimat
d.
Ejaan
Jawab:
B
Lihat:
Hal.6.38 – 6.42
126.Kalimat efektif
mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali…
a.
Singkat
b.
Jernih
dan jelas
c.
Mudah
dipahami
d.
Enak
baca
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 6.39
127.Kalimat efektif
dapat diusahakan dengan cara-cara berikut, kecuali…
a.
Mengurangi
keterangan yang tidak perlu
b.
Memeriksa
kelengkapan unsur kalimat
c.
Menghindari
kata-kata sukar
d.
Menghilangkan
kata yang tidak berfungsi
Jawab:
C
Lihat:
Hal. 6.39
128.Bagian
pendahuluan laporan penelitian dapat ditulis dengan cara…
a.
Berpedoman
pada laporan yang sudah ada
b.
Mengacu
kepada proposal penelitian
c.
Mengambil
dari proposal penelitian dengan perubahan seperlunya
d.
Menyingkat
bagian pendahuluan pada proposal penelitian
Jawab:
C
Lihat:
Hal.6.42
129.Penulisan bagian
metodologi pada laporan penelitian dapat mengacu kepada proposal penelitian
dengan mengadakan perubahan yang sesuai dengan…
a.
Keadaan
populasi/sampel
b.
Hasil
uji coba instrumen
c.
Situasi
ketika mengadministrasikan instrumen
d.
Kenyataan
di lapangan selama persiapan/pelaksanaan penelitian
Jawab:
D
Lihat:
Hal.6.43
130.Laporan setiap
temuan sebaiknya berupa…
a.
Jawaban
dari pertanyaan penelitian
b.
Uraian
singkat tentang data yang dianalisis
c.
Jawaban
terhadap masalah penelitian
d.
Uraian
singkat karakteristik data
Jawab:
A
Lihat:
Hal.6.43
131.Dalam kaitan
dengan etika, penulis laporan hendaknya memperhatikan hal-hal
berikut, kecuali…
a.
Dampak
laporan terhadap responden
b.
Menepati
janji pada responden
c.
Kejujuran
dalam melaporkan
d.
Pesan
dari sponsor penelitian
Jawab:
D
Lihat:
Hal. 6.45
Tidak ada komentar:
Posting Komentar